nav-left cat-right
cat-right

Sistem Kerja Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Sistem Kerja Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Jaring pengaman sosial (jps) merupakan salah satu program pemerintah yang dibuat khusus untuk menjamin kesejahteraan warganya. Program pemerintah ini merupakan salah satu program yang memiliki tujuan yang sangat spesifik. Tujuannya adalah untuk menjamin setiap warganya bisa mendapatkan perlindungan sosial terhadap segala kebutuhannya. Sistem yang disiapkan oleh pemerintah tersebut bukan tidak memiliki sasaran. Sistem ini memiliki sasaran untuk warga yang kurang mampu. Program tersebut dibuat untuk menjawab permasalahan kemiskinan di Indonesia yang sudah sangat tinggi. Permasalahan kemiskinan merupakan salah satu masalah yang tidak akan pernah selesai sampai tuntas. Meskipun tidak sampai selesai,namun setidaknya dengan adanya program tersebut akan mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Sistem Jaring pengaman sosial (jps) yang disiapkan oleh pemerintah bentuknya cukup bergam. Program-program kesejahteraan sosial dibuat untuk mengurangi permasalahan kemiskinan yang cukup sulit dituntaskan. Diantaranya yang paling dinantikan masyarakat adalah BLT. Meskipun program BLT disebut-sebut membuat penerimanya ketergantungan, namun program BLT cukup dinantikan oleh masyaakat. Khususnya kalangan penerima. Program  jaring pengaman tersebut disebut-sebut banyak yang kurang tepat sasaran.  Namun sebenarnya program BLT hanya bersifat sementara. Proses penyelamatan warga kurang mampu dilakukan dengan menggunakan beberapa program penting lainnya yang dinilai lebih efektif. Jumlah program yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dibuat khusus untuk mengatasi permasalahan kemiskinan yang sangat sulit untuk diatasi bahkan sangat sulit untuk dikurangi.

Program Jaring pengaman sosial (jps) digadang-gadang setidaknya mampu menurunkan angka kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Program pemerintah ini merupakan program yang bermaksud menjawab persoalan kemiskinan yang terjadi baik itu di perkotaan maupun dipedesaan. Permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang sangat sulit untuk diatasi. Namun setidaknya dengan adanya program ini, pemerintah dapat memberikan garansi bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat memnui semua kebutuhan hidupnya. Sehingga harapannya masyarakat sedikit demi sekidit dapat bangkit dari masalah kemiskinan yang dideritanya selama ini. Kemandirian dan keswadayaan masyarakat diharapkan juga ikut berpartisipasi untuk membantu sesamanya yang membutuhkan. Sehingga dengan adanya keswadayaan tersebut akan membuat masyarakat bisa merasa terbantu.