nav-left cat-right
cat-right

Penyakit Buah Pinggang dan Pencegahannya Yang Harus Diketahui

Penyakit Buah Pinggang dan Pencegahannya Yang Harus Diketahui

Penyakit buah pinggang dan pencegahannya akan bergantung pada faktor penyebab kemunculan kondisi ini dari awal. Dengan mengobati penyebab kemunculannya, sebagian besar dari pasien penyakit buah pinggang atau ginjal akan dapat sembuh seperti semula. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam mengobati sakit ginjal akut yang tergolong masih ringan. Pertama adalah dengan mengobati infeksi yang dapat menyebabkan penyakit ginjal akut. Kedua, tambah konsumsi cairan agar dapat menghindari terjadinya dehidrasi. Dehidrasi akan semakin memperparah sakit ginjal yang diderita. Hentikan konsumsi aneka obat-obatan yang kemungkinan dapat menyebabkan penyakit ginjal akut. Dapat pula dilakukan tes darah guna mengawasi kadar garam serta kreatinin.

 

Apabila penyebab dari sakit buah pinggang tidak secara pasti diketahui, maka dokter akan menyarankan agar pasien menemui nefrologi atau dokter spesialis ginjal. Dapat pula dirujuk ke dokter spesialis urologi. Beberapa kondisi di mana pasien diwajibkan untuk dirawat di rumah sakit adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat resiko bahwa saluran kencing terhambat, contohnya akibat penyakit prostat. Kedua, penyebab dasar dari penyakit ginjal harus diobati secepatnya. Sebagian besar penderita penyakit buah pinggang dan pencegahannya harus dirawat di rumah sakit adalah karena kondisi yang menyebabkan munculnya penyakit dan bukan karena kondisi ginjal yang sudah akut. Kondisi pasien yang memburuk serta membutuhkan tes darah rutin juga mengharuskan pasien untuk dirawat inap.

 

Penyakit ginjal akut juga dapat mengarah menuju komplikasi. Beberapa komplikasi yang bisa muncul sebagai akibat dari ginjal akut adalah sebagai berikut. Pertama ada gagal ginjal kronis. Komplikasi ini bisa muncul apabila penyakit ginjal tidak segera ditangani dengan cepat. Kedua adalah edema paru. Edema paru terjadi karena penumpukan cairan dalam paru-paru. Berikutnya, dapat juga muncul asidosis simbolik. Asidosis simbolik merupakan kondisi di mana tingkat keasaman darah cukup tinggi. Asidosis simbolik dapat menyebabkan mudah mengantuk, mual dan muntah serta sulit bernapas. Komplikasi terakhir yang dapat muncul akibat penyakit buah pinggang dan pencegahannya ialah tingginya kadar kalium dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan otot-toto melemah, lumpuh serta gangguan pada detak jantung.