nav-left cat-right
cat-right

Belajar Membaca Alquran Anak Itu Sangat Sederhana

Belajar Membaca Alquran Anak Itu Sangat Sederhana

Belajar membaca alquran anak – Belajar membaca alquran, anak-anak juga diutamakan untuk serius, rajin serta giat dalam belajar menulis alquran. Hasan bin Ali r. a pernah berpesan pada anak-anaknya sekalian pada keponakan-keponaknnya. “ Belajarlah, sebenarnya kalian saat ini yaitu generasi kecil di kelompok orang-orang, tetapi besok kalian akan menjadi generasi dewasa di kelompok orang-orang. Jadi barang siapa tidak dapat menghafal, sebaiknya dia mencatat atau menulisnya. Bila anak belum dapat membaca alquran dengan baik. Supaya anak lebih terpacu untuk membaca serta menghafal alquran coba berikanlah tips serta panduan untuk  mempermudah anak belajar membaca alquran dengan cepat.

Pada step awal, rangsang telinga anak-anak kita mendengar lafal-lafal alquran. Awalilah dengan surah atau ayat yang akan dibaca serta dihafal. Pada prinsipnya, anak telah diperkenalkan dengan asma Allah dalam ayat suci alquran mulai sejak ada dalam kandungan. Awal bagian paling baik yang mesti distimulus. Dengarkan dengan baik serta berkali-kali, hingga memori anak selalu tercukupi lafal-lafal alquran. Ingatlah umur emas anak dari mulai 0-9 tahun, dimana ia gampang mengikuti serta menghafal.  Sesudah anak mulai punya kebiasaan, awalilah untuk memperkenalkan anak pada hafalan yang sesungguhnya. Coba dengan memberikannya waktu untuk menenaninya menghafal sembari mendengar kaset rekaman atau memutar compact disc. Sembari mengiringnya membaca, ingatkan mereka bila ada bacaan atau huruf yang salah atau terlewatkan.

Anda dapat juga harus menyarankannya untuk menbuat catatan kecil yang bisa dibawa kemana saja. Contekan kecil itu dimaksimalkan dengan membacanya berkali-kali. Sarankan pada anak-anak untuk melafalkan ayat-ayat yang di inginkan untuk dihafal itu dalam setiap peluang. Umpamanya, waktu dia dalam perjalan ke sekolah, menanti saat masuk kelas atau waktu pulang sekolah. Selain peran orang-tua, tidak ada kelirunya mengikutkan anak pada pengajian atau madrasah di masjid dekat tempat tinggal. Situasi yang kondusif serta teman – teman di lingkungan pengajian atau madrasah bisa membantunya menghafal dengan cepat.